Pada saat ini, sesuai dengan judul saya akan memberi informasi tentang jenis-jenis motor seperti yang anda tahu motor adalah alat transportasi roda dua yang sering digunakan berikut adalah motor-motor classic yang ada di dunia :
Quote:
BOBBER
Bobber lahir lebih dulu dibanding chopper, keduanya sama prinsipnya
yaitu memotong beberapa bagian, namun pada bobber sasis tetap standar.
Ciri utama modifikasi bobber terletak pada bagian roda yaitu ban yang
cenderung profilnya gendut untuk depan maupun belakang.
Quote:
CHOPPER
Adalah model motor yang mempunyai ciri menonjol utama fork/garpu depan
yang sangat panjang sehingga memerlukan rangka yang didesain khusus
sesuai panjang fork dan kemiringannya. Lingkar ban depan cenderung lbh
besar dibanding belakang, bentuk setang juga tinggi.
Quote:
HOTROD
Hotrod merupakan suatu pakem modifikasi mobil yang biasa dianut para
muscle-car mania. Big block, classic car with powerfull engine, dan
biasanya diadu di dragstrip. Penampilan menjadi salah satu nilai plus,
maka beberapa diantaranya mengecat ulang mobil2 klasik mereka dengan
tampilan cat yang gahar. Di komunitas biker, tampilan cat yang gahar
(mostly hitam doff + pernik merah atau putih) yang biasanya menjadikan
suatu motor disebut beraliran hotrod, tanpa ada ciri khas tampilan
tertentu lainnya.
Quote:
FLAT TRACKER
Flat track merupakan suatu ajang balapan yang dilaksanakan di trek
tanah. Tampilan motornya memiliki ciri khas diantaranya tangki yang
kecil dan buntut yang meruncing.
Quote:
STREET TRACKER
Street Tracker merupakan suatu paduan dari motor tracker atau enduro
dengan motor jalanan, tampilannya layaknya trail tahun2 lama seperti
honda XL, suzuki TS, Yamaha DT, namun disesuaikan dengan kebutuhan
jalanan. Beberapa motor JDM saat ini juga menganut aliran street
tracker, seperti Suzuki Bigboy dan Honda FTR.
Quote:
JAPS STYLE
Aliran Jap's Style bisa terlihat dari ubahan tangki bensin yang didesain
lebih mengecil dan simpel, alas duduk atau jok yang dibuat lebih tipis
dengan tipe single seater, menggunakan stang semi hanger, lampu depan
dan belakang mungil.
Di bagian keseluruhan bodi motor yang mengusung Jap's Style akan
terlihat rangka belakang yang terpangkas habis yang diiringi juga dengan
penggunaan ban yang gendut dan lebar, dan juga jarak antara ban depan
dan belakang dibuat lebih panjang dari rangka.
Quote:
BRATSTYLE
Banyak salah kaprah mengenai nama ini, yang sering disalah artikan
sebagai nama sebuah aliran modifikasi, padahal Bratstyle merupakan nama
sebuah workshop modifikasi yang bertempat di Saitama, Jepang. beberapa
karya workshop ini memang mempunyai ciri2 khusus yang membedakan dengan
workshop lainnya, seperti tangki chopper style (dengan tulisan Bratstyle
tentunya ), ban yang besar dan tinggi dengan kembangan klasik, warna
yang cenderung flat dan gelap, dan lainnya.
Quote:
CAFÉ RACER
Seperti yang sudah diketahui bahwa aliran modifikasi caferacer merupakan
aliran modifikasi yang mengadopsi gaya balap tempoe doeloe. Secara
garis besar aliran ini dibagi menjadi 2 yaitu yang tanpa fairing dan
yang menggunakan fairing baik full maupun half.
Aliran cafe racer punya ciri khas yang sangat menonjol, antara lain
menggunakan setang jepit, otomatis posisi badan lbh jadi menunduk ketika
berkendara. Selain itu, tanki motor dibuat ramping dan memanjang biar
lebih enak dijepit paha. Ciri khas lain adalah jok yang rendah dengan
buntut bagian belakang yang melengkung ke belakang n ke atas kaya buntut
tawon.
Quote:
SCRAMBLER
Aliran ini hampir sama dengan bratstyle namun yang membedakan adalah
jenis ban dan type knalpot. Ban untuk aliran modifikasi ini biasanya
menggunakan ban dengan motif kotak kotak/ bahkan trail. Sedangkan ciri
yang lainnya adalah knalpot yang bukan berada di kolong melainkan berada
di samping. Hal ini sesuai dengan roh aliran modifikasi ini yaitu untuk
semi off road bahkan mendaki pegunungan.
Quote:
SINNERS DAN SOCAL (SOUTH CALIFORNIA)
Sinners (atau lebih tepatnya The Sinners) merupakan suatu komunitas
motor yang anggotanya tersebar di beberapa negara bagian di Amerika.
Sebagian besar anggotanya menggunakan The Big V (harley davidson) dan
rata2 memodifikasinya dengan referensi chopper style namun dengan
menambahkan "bumbu" setang z-bar / t-bar / u-bar yang tidak lebar,
membuatnya terlihat unik dan berbeda dengan chopper kebanyakan.
Sementara Socal merupakan singkatan dari South California, merupakan
salah satu "chapter" dari komunitas Sinners, motor anggotanya memiliki
ciri khas yang hampir sama dengan Sinners, namun dengan penggunaan ban
kecil dan tampilan keseluruhan lebih klasik daripada Sinners pada
umumnya.
Quote:
STREET FIGHTER
Awal terbentuknya dari motor sport yang masih memiliki full fairing,
beberapa pengendara muda di Inggris yang tidak mampu untuk menggantikan
fairing rusak setelah kecelakaan, untuk itu mereka melepasnya.
Ciri ubahan street fighter itu sendiri adalah penelanjangan body yang
hanya menampilkan kegagahan sektor mesin motor, simpelnya penerang
jalan, stang kemudi model flat.
Quote:
MINOR FIGHTER
Tidak berbeda jauh dari street fighter, Minor Fighter merupakan sebuah
keluarga perkumpulan motor indonesia yang bergaya eropa style, berpusat
di daerah Purwokerto, Jateng. Salah satunya ciri ubahannya setang
terbalik, ekor buntung, single seater dan ditambah dengan ban ekstra
lebar.
Quote:
TRAIL
Penganut modif jenis ini, harus merubah total penampilan motornya
terutama kaki-kaki. Cirinya adalah suspensi yang panjang, ban model
kembang tahu atau pacul dengan ukuran ring besar, setang rata, knalpot
undertail, ditambah oprekan mesin buat ningkatin torsi.
Quote:
SUPERMOTO
Masih turunan trail, tapi jenis ban yang digunakan beda, umumnya
menggunaka ban khusus aspal atau yg memiliki profil kembang tahu.
Diameter pelek berukuran 17 inci dengan tapak lebar.
Ducati 55, 1956 (globalnet.co.uk)
Motor yang ditempat asalnya disebut Cucciolo
(si anak anjing mungil) ini disini disebut Sepeda Kumbang, atau kalau
yang bicara sok pake basa Holanda, benda seperti ini namanya broomfiets.
Dan karena kapasitas mesinnya hanya 50 cc, maka SIM yang diperlukan
untuk mengemudikan motor ini dahulu hanyalah C1 saja. (Dulu ada SIM C
terbatas yang warnanya putih, dan hanya bisa dipergunakan mengemudi
motor dibawah 50 cc).*
DKW
DKW atau Dampf Kraft Wagen asal Jerman ini dulu, terutama yang type 50 cc cukup populer disini. Starternya juga masih mempergunakan engkol sepeda. Gowes yuuuuuk!
*
HMW.
HMW diproduksi di Austria, relatif singkat sejak 1949 sebelum tutup 1960. Produknya cukup banyak dijalanan Jakarta, sebelum punah karena ketiadaan suku cadang
*
Zundapp
Yang ini juga bikinan Jerman mulai beredar disini tahun 1951-1952, dengan kapasitas mesin juga 50 cc. Terakhir masuk type yang 100 cc tahun 1965, cukup banyak populasinya, tapi segera tersapu oleh motor Jepang yang lebih kencang larinya…..
Ini semua adalah motor yang bermesin kecil. Yang bensinnya irit tapi ogah lari. Kalau pemiliknya sedang keburu-buru, sang motor akan ‘terbang‘ kalau dipacu di atas kecepatan 50km/jam.
*
BSA
Birmingham Small Arms Company adalah pabrik senjata yang sukses memproduksi sepeda motor. Setelah PDII produknya merajai Eropa, juga meng”interverensi” pasar Indonesia. Type yang populer disini adalah C12, 250cc keluaran tahun 1956 dan Godenflash Twin 650cc tahun 1957.
*
Norton
Diproduksi oleh Inggris dari pabrikan Norton Motorcycles, juga di Birmingham. Norton terkenal diawal 60an berkat prestasinya di arena balap.
*
Ariel
Jangan dikaitkan dengan nama penyanyi yang itu yah, ini nama motor yang terkenal ketika itu. Para Bujang yang mengendarai motor ini jaman Elvis tidak saja membuat para Dara klepek-klepek, tapi juga akan membuat mertua pun melirik …..
*
Jawa
Betul, asli, …….mereknya Jawa! Tapi bukan bikinan Indonesia melainkan Ceko, dan gak ada hubungannya sama sekali dengan Jawa yang pulau atau Jawa yang suku di Indonesia (kasiaaaaan deh lu!). Nama ini kreasi dari sang pendiri pabrik Frantisek Janecek yang membeli pabrik Wanderer tahun 1929. Gabungan Janecek dan Wanderer ini lalu jadilah Jawa! Populasinya lumayan tinggi saat itu, meskipun tak cukup bergengsi seperti Ariel…..
*
Puch
Yang ini koreksi dari bang Arthur Reinhart, karena saya lupa memasukkan motor yang juga cukup tinggi populasinya saat itu. Pabrikan asal Austria yang sudah berproduksi sejak 1898 ini baru mulai masuk pasar Indonesia setelah PD II, sekitar tahun 1953-1954. Yang populer disini adalah yang ini, 250 cc tahun 1960.
*
Triumph
Dibuat oleh Triumph Engineering Co. Ltd dari pabriknya di Conventry Inggris. Motor Triumph di Indonesia masuk sekitar tahun 1951, setelah perusahaan ini merger dengan pesaingnya BSA. Tahun 1983 perusahaan in bangkrut dan menjelma menjadi Triumph Motorcycles. Meskipun populasinya tidak sebanyak BSA, Norton, Ariel dan Jawa.*
BMW
Soal motor yang satu ini gak usah berpanjang ria lah. Merk ini juga masih eksis sekarang. Ketika itu yang populasinya banyak disini adalah type R23, R25, R27 dan R51.
*
Harley
Davidson
Meskipun dahulu, motor yang lazim disebut HD ini belum jadi motor klangenan seperti sekarang, motor ini sudah cukup terkenal sebagai “raja”nya motor. Seingat saya importir resmi motor ini belum ada. Yang beredar secara luas adalah motor bekas pakai tentara dan polisi yang kepemilikannya berganti ke pribadi (dump). Entahlah kalau ada sumber lain misalnya sebagai barang tentengan. Tapi yg banyak kluyuran di jalanan sampai tahun 70an adalah yang tahun-tahun 1941 sampai 1951. Nyaris semua bermesin kecil 750 cc (Buat HD, kapasitas mesin segitu tergolong HD banci).
Selain yang type Sepeda Kumbang dan Sepeda Kambing di atas, beredar juga motor yang bertype Scooter.
Scooter? Yaaah yang seperti itulah bentuknya. Definisi resminya ada di sini.
*
Vespa Seperti di belahan dunia manapun, motor type Scooter ini di Indonesia didominasi oleh merk Vespa. Konon katanya (yang ini gak jelas sumbernya, tapi menurut teman-teman Vespa Club), populasi Vespa di Indonesia ini terbesar ke 3 di dunia di luar negara asalnya (setelah AS dan India). Konon (juga) Vespa tertua yang masuk ke Indonesia tahun 1952 (sayapun belum lahir, kayaknya gak ada yang nanya deh). Yang ini tipe VM2 125 tahun 1954 yang di pasaran saat ini harganya selangit……….
Lambretta
Selain Vespa, tahun-tahun jadul itu juga diramaikan oleh scooter lain merknya Lambretta, meskipun populasinya tidak terlalu banyak, yang asal Italia juga……
_______________________________________________________________________________
*
Made
in
Japan
Tahun-tahun sebelum 1965 masih merupakan jaman kegelapan buat motor bikinan Jepang. Suzuki sama sekali belum pernah melihatnya. Yamaha, meskipun belum pernah melihatnya kluyuran di jalan tetapi ternyata ada juga yang mengkoleksi (berarti sudah masuk kan?). Tapi Honda sudah mulai banyak berseliweran seperti ini…
_________________________________________________________________
Nah, Berikut beberapa bengkel modifikasi yang ane tau. Kalo Agan ada yang mau nambahin, monggo dishare di thread ini.

Jakarta;
- Protechnic; Jl. Pahlawan No.1 Rempoa, Jakarta (021) 99674312
- MMC Outsiders; Tanah Kusir, Jakarta Selatan (021)91887399
- G2C; Jl. Gandul Krukut Ambara, Cinere, Jakarta Selatan (021)464 27753 / 0813 8057 1391 / 0816 165 4161
- U Color; Depok (021)30314707
- Hantu Laut; Jl. Haji Nawi Raya, Jakarta Selatan 0818181078
- Acepbis; Jl. Raya Setu No. 35 Rt. 08 Rw. 03 Cipayung – Jakarta Timur (021)70912588
- Obelix Extreme Motorcycle; Jl. Raya Condet No.16. Jakarta Timur (021)9257393
- Bengkel AA Racing shotokaw 212, Pondok Ranji Bintaro
- BMS (Baru Motor Sport) Jl. Palmerah Barat No. 25, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. (0819 1511 3717)
- TheKatros Garage; Jl. RE Martadinata, No. 219, Ciputat (samping Superindo Ciputat) Tangerang Selatan, (0838.97.888.333)
- Insan Motor, Jl. Swatantra 5 No. 50, Jatiasih-Bekasi, (08129737900 dan 021-93304608)
- Caos Custom Bike, Jl. Pancoran Barat 8 No. 6C, Pancoran – Jakarta Selatan. Phone: 021.700 89400 Mobile: 081.700 89400
Bandung;
- Axietruz Garage; Jl. Cijerokaso, Sarijadi, Bandung (022)70436404
- Beben Bento Kustom; Jl. Cikudapateuh (dekat St. Cikudapateuh/Pasar Kosambi), Bandung
- Yashashi Garage; Jln .Pajajaran 76P Bandung , Indonesia. Telp + 62 8156263217, + 62 2291545160, + 62 81214002517
- Glanetz Radical; Jl. Beruang, Bandung (022)92370623 / 081321733506
- Hajarbroxx Motorcycles, Bandung
Purwokerto;
- MMC; 081391009600
- X-K Bike Design; Jl. Pasir Muncang, Purwokerto (0281)621811
- Semangat Putra Motor; Jl. Sultan Agung, Karangklesem, Purwokerto 085747064611
Solo;
- Mac Law Custom; Pasar Kliwon 085647310333
- Widi custom-bike; Jl: Ki Hajar Dewantoro (Belakang Kampus UNS Solo), Telp 085728273000
Jepara;
- A-Team; Jl. Mbaleg Cemara Kembar, Jepara 081325557254
Yogyakarta;
- Antoe JMC; Gayam, Yogyakarta,
- Ivan Custom; Jl. Punto Dewo 58, Kutu Wates, Yogyakarta (0274)624 293, ivancustom@gmail.com
- Rexindo; Jl. Wahid Hasyim, Seturan, Yogyakarta
The King Casino - Atlantic City, NJ | Jancasino
BalasHapusCome https://deccasino.com/review/merit-casino/ on in the King Casino for fun, no herzamanindir.com/ wagering requirements, delicious dining, and enjoyable casino gaming all at the https://jancasino.com/review/merit-casino/ heart of deccasino Atlantic ventureberg.com/ City.