Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Sabtu, 14 Maret 2015

JENIS-JENIS MOTOR CLASSIC

Pada saat ini, sesuai dengan judul saya akan memberi informasi tentang jenis-jenis motor seperti yang anda tahu motor adalah alat transportasi roda dua yang sering digunakan berikut adalah motor-motor classic yang ada di dunia :

Quote:
BOBBER
Bobber lahir lebih dulu dibanding chopper, keduanya sama prinsipnya yaitu memotong beberapa bagian, namun pada bobber sasis tetap standar. Ciri utama modifikasi bobber terletak pada bagian roda yaitu ban yang cenderung profilnya gendut untuk depan maupun belakang.



Quote:
CHOPPER
Adalah model motor yang mempunyai ciri menonjol utama fork/garpu depan yang sangat panjang sehingga memerlukan rangka yang didesain khusus sesuai panjang fork dan kemiringannya. Lingkar ban depan cenderung lbh besar dibanding belakang, bentuk setang juga tinggi.



Quote:
HOTROD
Hotrod merupakan suatu pakem modifikasi mobil yang biasa dianut para muscle-car mania. Big block, classic car with powerfull engine, dan biasanya diadu di dragstrip. Penampilan menjadi salah satu nilai plus, maka beberapa diantaranya mengecat ulang mobil2 klasik mereka dengan tampilan cat yang gahar. Di komunitas biker, tampilan cat yang gahar (mostly hitam doff + pernik merah atau putih) yang biasanya menjadikan suatu motor disebut beraliran hotrod, tanpa ada ciri khas tampilan tertentu lainnya.



Quote:
FLAT TRACKER
Flat track merupakan suatu ajang balapan yang dilaksanakan di trek tanah. Tampilan motornya memiliki ciri khas diantaranya tangki yang kecil dan buntut yang meruncing.



Quote:
STREET TRACKER
Street Tracker merupakan suatu paduan dari motor tracker atau enduro dengan motor jalanan, tampilannya layaknya trail tahun2 lama seperti honda XL, suzuki TS, Yamaha DT, namun disesuaikan dengan kebutuhan jalanan. Beberapa motor JDM saat ini juga menganut aliran street tracker, seperti Suzuki Bigboy dan Honda FTR.



Quote:
JAPS STYLE
Aliran Jap's Style bisa terlihat dari ubahan tangki bensin yang didesain lebih mengecil dan simpel, alas duduk atau jok yang dibuat lebih tipis dengan tipe single seater, menggunakan stang semi hanger, lampu depan dan belakang mungil.

Di bagian keseluruhan bodi motor yang mengusung Jap's Style akan terlihat rangka belakang yang terpangkas habis yang diiringi juga dengan penggunaan ban yang gendut dan lebar, dan juga jarak antara ban depan dan belakang dibuat lebih panjang dari rangka.



Quote:
BRATSTYLE
Banyak salah kaprah mengenai nama ini, yang sering disalah artikan sebagai nama sebuah aliran modifikasi, padahal Bratstyle merupakan nama sebuah workshop modifikasi yang bertempat di Saitama, Jepang. beberapa karya workshop ini memang mempunyai ciri2 khusus yang membedakan dengan workshop lainnya, seperti tangki chopper style (dengan tulisan Bratstyle tentunya ), ban yang besar dan tinggi dengan kembangan klasik, warna yang cenderung flat dan gelap, dan lainnya.



Quote:
CAFÉ RACER
Seperti yang sudah diketahui bahwa aliran modifikasi caferacer merupakan aliran modifikasi yang mengadopsi gaya balap tempoe doeloe. Secara garis besar aliran ini dibagi menjadi 2 yaitu yang tanpa fairing dan yang menggunakan fairing baik full maupun half.

Aliran cafe racer punya ciri khas yang sangat menonjol, antara lain menggunakan setang jepit, otomatis posisi badan lbh jadi menunduk ketika berkendara. Selain itu, tanki motor dibuat ramping dan memanjang biar lebih enak dijepit paha. Ciri khas lain adalah jok yang rendah dengan buntut bagian belakang yang melengkung ke belakang n ke atas kaya buntut tawon.



Quote:
SCRAMBLER
Aliran ini hampir sama dengan bratstyle namun yang membedakan adalah jenis ban dan type knalpot. Ban untuk aliran modifikasi ini biasanya menggunakan ban dengan motif kotak kotak/ bahkan trail. Sedangkan ciri yang lainnya adalah knalpot yang bukan berada di kolong melainkan berada di samping. Hal ini sesuai dengan roh aliran modifikasi ini yaitu untuk semi off road bahkan mendaki pegunungan.



Quote:
SINNERS DAN SOCAL (SOUTH CALIFORNIA)
Sinners (atau lebih tepatnya The Sinners) merupakan suatu komunitas motor yang anggotanya tersebar di beberapa negara bagian di Amerika. Sebagian besar anggotanya menggunakan The Big V (harley davidson) dan rata2 memodifikasinya dengan referensi chopper style namun dengan menambahkan "bumbu" setang z-bar / t-bar / u-bar yang tidak lebar, membuatnya terlihat unik dan berbeda dengan chopper kebanyakan.

Sementara Socal merupakan singkatan dari South California, merupakan salah satu "chapter" dari komunitas Sinners, motor anggotanya memiliki ciri khas yang hampir sama dengan Sinners, namun dengan penggunaan ban kecil dan tampilan keseluruhan lebih klasik daripada Sinners pada umumnya.



Quote:
STREET FIGHTER
Awal terbentuknya dari motor sport yang masih memiliki full fairing, beberapa pengendara muda di Inggris yang tidak mampu untuk menggantikan fairing rusak setelah kecelakaan, untuk itu mereka melepasnya.
Ciri ubahan street fighter itu sendiri adalah penelanjangan body yang hanya menampilkan kegagahan sektor mesin motor, simpelnya penerang jalan, stang kemudi model flat.



Quote:
MINOR FIGHTER
Tidak berbeda jauh dari street fighter, Minor Fighter merupakan sebuah keluarga perkumpulan motor indonesia yang bergaya eropa style, berpusat di daerah Purwokerto, Jateng. Salah satunya ciri ubahannya setang terbalik, ekor buntung, single seater dan ditambah dengan ban ekstra lebar.



Quote:
TRAIL
Penganut modif jenis ini, harus merubah total penampilan motornya terutama kaki-kaki. Cirinya adalah suspensi yang panjang, ban model kembang tahu atau pacul dengan ukuran ring besar, setang rata, knalpot undertail, ditambah oprekan mesin buat ningkatin torsi.



Quote:
SUPERMOTO
Masih turunan trail, tapi jenis ban yang digunakan beda, umumnya menggunaka ban khusus aspal atau yg memiliki profil kembang tahu. Diameter pelek berukuran 17 inci dengan tapak lebar.




Ducati
Kenapa Ducati yang saya sebut duluan, bukan karena takut gilingan cabe, tapi memang ketika itu motor yang terkecil kapasitasnya yang beredar adalah Ducati ini.
1349590138261586572Ducati 55, 1956 (globalnet.co.uk)
Motor yang ditempat asalnya disebut Cucciolo (si anak anjing mungil) ini disini disebut Sepeda Kumbang, atau kalau yang bicara sok pake basa Holanda, benda seperti ini namanya broomfiets. Dan karena kapasitas mesinnya hanya 50 cc, maka SIM yang diperlukan untuk mengemudikan motor ini dahulu hanyalah C1 saja. (Dulu ada SIM C terbatas yang warnanya putih, dan hanya bisa dipergunakan mengemudi motor dibawah 50 cc).
Perhatikan starternya (belum ada electric starter yah!) yang memakai tuas engkol mirip sepeda. Menyalakan mesinnya harus digowes  sama seperti sepeda. Bisa dalam posisi stasioner ataupun langsung berjalan.
Setelah mesin menyala dan motor berjalan, jangan risih pada posisi kaki yang tidak sama. Kaki kiri didepan, kaki kanan di belakang. Kalau capek ya engkolnya digowes lagi biar sang kaki pindah posisi. Tapi, jangan lupa untuk tidak memutar balik arah gowesan.  Rem belakang jadi aktif!
Habis bensin? Gampang!  Digowes saja seperti sepeda ke SPBU terdekat…

*

DKW

DKW atau Dampf Kraft Wagen asal Jerman ini dulu, terutama yang type 50 cc cukup populer disini. Starternya juga masih mempergunakan engkol sepeda. Gowes yuuuuuk!
1349590476142054852
DKW Hummel, 1956 (4.bp.blogsot.com)

*

HMW.

HMW diproduksi di Austria, relatif singkat sejak 1949 sebelum tutup 1960. Produknya cukup banyak dijalanan Jakarta, sebelum punah karena ketiadaan suku cadang
13495906331821164404
HMW, 1957 (admiralcybercycle.com)

*

Zundapp

Yang ini juga bikinan Jerman mulai beredar disini tahun 1951-1952, dengan kapasitas mesin juga  50 cc. Terakhir masuk type yang 100 cc tahun 1965, cukup banyak populasinya, tapi segera tersapu oleh motor Jepang yang lebih kencang larinya…..
13495908051094957795
Zundapp KS100, 1965 (ozinews.blogspot.com)_____
_________________________________________________________________________
Ini semua adalah motor yang bermesin kecil.  Yang bensinnya irit tapi ogah lari. Kalau pemiliknya sedang keburu-buru, sang motor akan ‘terbang‘ kalau dipacu di atas kecepatan 50km/jam.
Tapi kalau jenis yang dibawah ini adalah motor-motor yang mampu menyaingi kecepatan mobil. 120 km/jam?. Hayu aja. Cukup stabil, asal ngeremnya gak pake pu’un atawa truk tanah…..
Rata-rata putaran mesin alias rpm-nya rendah, bunyi knalpotnya mantap dum, dum, dum. Paling pulen (nasi kaleee!) menurut saya adalah suara knalpotnya BMW, jelas, pelan, mantap blung, blung, blung. Kalau suara Harley Davidson dari jaman jadul suaranya sudah seperti musik rock yang setelan bassnya kegedean hawar, hawar, hawar, whaaaaarrrrrrr!

*

BSA

Birmingham Small Arms Company adalah pabrik senjata yang sukses memproduksi sepeda motor. Setelah PDII produknya merajai Eropa, juga meng”interverensi” pasar Indonesia. Type yang populer  disini adalah C12, 250cc keluaran tahun 1956 dan Godenflash Twin 650cc tahun 1957.
13495909431349625938
BSA C12, 250cc, 1956 (vintagebike.co.uk)

*

Norton

Diproduksi oleh Inggris dari pabrikan Norton Motorcycles, juga di Birmingham. Norton terkenal diawal 60an berkat prestasinya di arena balap.
Yg terkenal disini adalah type ES2 500cc keluaran tahun 1952, yang diimpor resmi Pemerintah Indonesia untuk meremajakan kendaraan para Petugas Lapangan.
13495912011626141364
Norton ES2, 500cc, 1952 (classic-motorbikes.net)

*

Ariel

Jangan dikaitkan dengan nama penyanyi yang itu yah, ini nama motor yang terkenal ketika itu.  Para Bujang yang mengendarai motor ini jaman Elvis tidak saja membuat para Dara klepek-klepek, tapi juga akan membuat mertua pun melirik …..
Diproduksi oleh Ariel Motorcycles juga di Birmingham,Inggris, yang kemudian merger dengan BSA pada tahun 1944.  Model tahun 1956 Huntmaster 650cc ini cukup terkenal disini dan sekarang jadi buruan kolektor.
13495913931688719113
Ariel Huntmaster, 650cc, 1956 (feked.com)

*

Jawa

Betul, asli, …….mereknya Jawa! Tapi bukan bikinan Indonesia melainkan Ceko, dan gak ada hubungannya sama sekali dengan Jawa yang pulau atau Jawa yang suku di Indonesia (kasiaaaaan deh lu!). Nama ini kreasi dari sang pendiri pabrik Frantisek Janecek yang membeli pabrik Wanderer tahun 1929. Gabungan Janecek dan Wanderer ini lalu jadilah Jawa!   Populasinya lumayan tinggi saat itu, meskipun tak cukup bergengsi seperti Ariel…..
1349591528208724868
Jawa A350, 350cc, 1954 (motorcycle.blogspot.com)

*

Puch

Yang ini koreksi dari bang Arthur Reinhart, karena saya lupa memasukkan motor yang juga cukup tinggi populasinya saat itu. Pabrikan asal Austria yang sudah berproduksi sejak 1898 ini baru mulai masuk pasar Indonesia setelah PD II, sekitar tahun 1953-1954. Yang populer disini adalah yang ini, 250 cc tahun 1960.
13097060111241728245
(motosolvang.com)

*

Triumph

Dibuat oleh Triumph Engineering Co. Ltd dari pabriknya di Conventry Inggris. Motor Triumph di Indonesia masuk sekitar tahun 1951, setelah perusahaan ini merger dengan pesaingnya BSA. Tahun 1983 perusahaan in bangkrut dan menjelma menjadi Triumph Motorcycles. Meskipun populasinya tidak sebanyak BSA, Norton, Ariel dan Jawa.
Triumph Tiger 100 (T100), 500cc tahun 1954, cukup banyak berseliweran di jalanan.  Ciri khas motor ini adalah suaranya yang relatif lembut dibanding dengan yang lain. Padahal kapasitas mesinnya cukup besar dan larinya yang lumayan kencang. (maaf, gambarnya di delete, sudah terlalu banyak! Susah dibuka!)

*

BMW

Soal motor yang satu ini gak usah berpanjang ria lah. Merk ini juga masih eksis sekarang. Ketika itu yang populasinya banyak disini adalah type R23, R25, R27 dan R51.
1349591862627508316
R23, 1950 (flickriver.com)

*

Harley

Davidson

Meskipun dahulu, motor yang lazim disebut HD ini belum jadi motor klangenan seperti sekarang, motor ini sudah cukup terkenal sebagai “raja”nya motor. Seingat saya importir resmi motor ini belum ada. Yang beredar secara luas adalah motor bekas pakai tentara dan polisi yang kepemilikannya berganti ke pribadi (dump). Entahlah kalau ada sumber lain misalnya sebagai barang tentengan. Tapi yg banyak kluyuran di jalanan sampai tahun 70an adalah yang tahun-tahun 1941 sampai 1951.  Nyaris semua bermesin kecil 750 cc  (Buat HD, kapasitas mesin segitu tergolong HD banci).
1349592422144687081
HD Panheads 750cc, 1942 (livejournal.com)
_____________________________________________________________________________
Selain yang type Sepeda Kumbang dan Sepeda Kambing di atas, beredar juga motor yang bertype Scooter.
Scooter? Yaaah yang seperti itulah bentuknya.  Definisi resminya ada di sini.

*

Vespa Seperti di belahan dunia manapun, motor type Scooter ini di Indonesia didominasi oleh merk Vespa. Konon katanya (yang ini gak jelas sumbernya, tapi menurut teman-teman Vespa Club), populasi Vespa di Indonesia ini terbesar ke 3 di dunia di luar negara asalnya (setelah AS dan India).  Konon (juga) Vespa tertua yang masuk ke Indonesia tahun 1952  (sayapun belum lahir, kayaknya gak ada yang nanya deh).  Yang ini tipe VM2 125 tahun 1954 yang di pasaran saat ini harganya selangit……….
13097061581975439397
VM2, 125cc, 1954 (4.bp.blogspot.com)
*

Lambretta

Selain Vespa, tahun-tahun jadul itu juga diramaikan oleh scooter lain merknya Lambretta, meskipun populasinya tidak terlalu banyak,  yang asal Italia juga……
13495927821590384184
Lambretta Li13, 1962 (dremascooter.net)
Pabriknya sudah tutup tahun 1972.  Kalo saja saat ini masih ada barangnya semulus yang digambar………, dituker dengan mobil Kijang terbarupun bakal dilempar clurit oleh pemiliknya…..
_______________________________________________________________________________
*

Made

in

Japan

Tahun-tahun sebelum 1965 masih merupakan jaman kegelapan buat motor bikinan Jepang. Suzuki sama sekali belum pernah melihatnya. Yamaha, meskipun belum pernah melihatnya kluyuran di jalan tetapi ternyata ada juga yang mengkoleksi (berarti sudah masuk kan?). Tapi Honda sudah mulai banyak berseliweran seperti ini…
13495931571535207362
Honda SS 50, 50cc, 1963 (oldmotorclassic.blogspot.com)
Honda ini type SS 50 bikinan tahun 1963. Biarpun model knalpotnya kaya motor yang dipakai balapan ketahanan 24 jam di  Le Mans, tapi jangan kuatir, suara bisingnya yang lebih dulu terdengar, motornya (dan pengemudinya) baru nongol setengah jam kemudian.   Kapasitas mesinnya cuma 50 cc.  Tapi sekarang jadi barang buruan kolektor. Entah kenapa motor yang dulu populasinya cukup tinggi ini,  lenyap ditelan loak lebih dahulu…….
_________________________________________________________________
Jaman adu kenceng dan balap liar motor itu baru terkuak setelah Yamaha seri YL keluar,  sekitar tahun 1967-1968. Motor-motor Yamaha yang pertama masuk ke Indonesia memang terkenal karena rpm-nya tinggi, akselerasinya yahud dan larinya yang super cepat.

Nah, Berikut beberapa bengkel modifikasi yang ane tau. Kalo Agan ada yang mau nambahin, monggo dishare di thread ini. :

Jakarta;
  • Protechnic; Jl. Pahlawan No.1 Rempoa, Jakarta (021) 99674312
  • MMC Outsiders; Tanah Kusir, Jakarta Selatan (021)91887399
  • G2C; Jl. Gandul Krukut Ambara, Cinere, Jakarta Selatan (021)464 27753 / 0813 8057 1391 / 0816 165 4161
  • U Color; Depok (021)30314707
  • Hantu Laut; Jl. Haji Nawi Raya, Jakarta Selatan 0818181078
  • Acepbis; Jl. Raya Setu No. 35 Rt. 08 Rw. 03 Cipayung – Jakarta Timur (021)70912588
  • Obelix Extreme Motorcycle; Jl. Raya Condet No.16. Jakarta Timur (021)9257393
  • Bengkel AA Racing shotokaw 212, Pondok Ranji Bintaro
  • BMS (Baru Motor Sport) Jl. Palmerah Barat No. 25, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. (0819 1511 3717)
  • TheKatros Garage; Jl. RE Martadinata, No. 219, Ciputat (samping Superindo Ciputat) Tangerang Selatan, (0838.97.888.333)
  • Insan Motor, Jl. Swatantra 5 No. 50, Jatiasih-Bekasi, (08129737900 dan 021-93304608)
  • Caos Custom Bike, Jl. Pancoran Barat 8 No. 6C, Pancoran – Jakarta Selatan. Phone: 021.700 89400 Mobile: 081.700 89400

Bandung;
  • Axietruz Garage; Jl. Cijerokaso, Sarijadi, Bandung (022)70436404
  • Beben Bento Kustom; Jl. Cikudapateuh (dekat St. Cikudapateuh/Pasar Kosambi), Bandung
  • Yashashi Garage; Jln .Pajajaran 76P Bandung , Indonesia. Telp + 62 8156263217, + 62 2291545160, + 62 81214002517
  • Glanetz Radical; Jl. Beruang, Bandung (022)92370623 / 081321733506
  • Hajarbroxx Motorcycles, Bandung

Purwokerto;
  • MMC; 081391009600
  • X-K Bike Design; Jl. Pasir Muncang, Purwokerto (0281)621811
  • Semangat Putra Motor; Jl. Sultan Agung, Karangklesem, Purwokerto 085747064611

Solo;
  • Mac Law Custom; Pasar Kliwon 085647310333
  • Widi custom-bike; Jl: Ki Hajar Dewantoro (Belakang Kampus UNS Solo), Telp 085728273000

Jepara;
  • A-Team; Jl. Mbaleg Cemara Kembar, Jepara 081325557254

Yogyakarta;
  • Antoe JMC; Gayam, Yogyakarta,
  • Ivan Custom; Jl. Punto Dewo 58, Kutu Wates, Yogyakarta (0274)624 293, ivancustom@gmail.com
  • Rexindo; Jl. Wahid Hasyim, Seturan, Yogyakarta

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

1 komentar:

  1. The King Casino - Atlantic City, NJ | Jancasino
    Come https://deccasino.com/review/merit-casino/ on in the King Casino for fun, no herzamanindir.com/ wagering requirements, delicious dining, and enjoyable casino gaming all at the https://jancasino.com/review/merit-casino/ heart of deccasino Atlantic ventureberg.com/ City.

    BalasHapus